Lecturer: Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC
( www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id )
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
Semester Sep 2012-Jan 2013
Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan
Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan
Mahasiswa dapat memahami arti penting dari
perilaku konsumen itu sendiri ,yaitu semua
kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada
saat sebelum membeli,ketika membeli,menggunakan, menghabiskan produk dan jasa
setelah melakukan hal-hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.
Dengan mengikuti mata perkuliahan Perilaku
Konsumen ini, saya mendapatkan ilmu baru bahwa yang harus mempelajari perilaku
seorang konsumen adalah pemasar,pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen,
pemerintah dan legislatif.Dengan adanya itu, sehingga dapat membantu para
konsumen dalam mengambil keputusan.
Selain itu, suatu prefensi barang dan jasa
juga mempengaruhi seorang konsumen dalam mengambil keputusan. Dalam perkuliahan
diberikan contoh adalah prefensi seorang mahasiswa dalam memilih tempat tujuan
untuk berlibur. Seperti seseorang memerlukan prefensi dalam menentukan pasangan
hidup.
2. Current Trend
Seperti yang kita ketahui, dari waktu ke waktu dunia pasti mengalami perubahan. Dari mulai tekhnologi,fashion ,ilmu pengetahuan, jumlah penduduk, presiden dan segala apapun yang bernaung di kehidupan kita. Segala perubahan tersebut pasti memiliki masa dimana banyak orang yang menyukai dan memakai perubahan tersebut. Berikut adalah trend yang ada dikalangan anak muda pada tahun 2012, diantaranya :
1. Gadget bermerek : android, tablet,i-phone,black berry,i-pad dan lain-lain
2. Kepemilikkan jejaring sosial, seperti: twitter,facebook, blog,kaskus,dan lain-lain
3. Online shop
4. Acara televisi : pertandingan sepak bola antar negara
5. Hijab tutorial
6. Film 3 dimensi
7. Musik : k-pop (boy/girl band korea)
8. Gigi berbehel
9. Shuffle dance
2. Current Trend
Seperti yang kita ketahui, dari waktu ke waktu dunia pasti mengalami perubahan. Dari mulai tekhnologi,fashion ,ilmu pengetahuan, jumlah penduduk, presiden dan segala apapun yang bernaung di kehidupan kita. Segala perubahan tersebut pasti memiliki masa dimana banyak orang yang menyukai dan memakai perubahan tersebut. Berikut adalah trend yang ada dikalangan anak muda pada tahun 2012, diantaranya :
1. Gadget bermerek : android, tablet,i-phone,black berry,i-pad dan lain-lain
2. Kepemilikkan jejaring sosial, seperti: twitter,facebook, blog,kaskus,dan lain-lain
3. Online shop
4. Acara televisi : pertandingan sepak bola antar negara
5. Hijab tutorial
6. Film 3 dimensi
7. Musik : k-pop (boy/girl band korea)
8. Gigi berbehel
9. Shuffle dance
3. Motivation to enter University
Motivasi saya masuk university adalah ingin mengembangkan
karakter dalam diri saya, bersosialisasi
dengan berbagai macam karakteristik orang sebelum terjun ke kehidupan yang
sebenarnya yaitu dunia kerja, dan memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu
sesuai dengan jurusan yang dipilih.
4. Motivation to enter IPB
Motivasi saya masuk IPB adalah karena IPB merupakan
salah satu institut yang berbasiskan pertanian. Oleh karena itu, saya ingin mempelajari
lebih jauh dan menjadi bagian didalamnya yang akan membantu mengatasi segala
permasalahan dan melakukan pembangunan yang ada dalam bidang pertanian tersebut.
5. Motivation to enter ESL
Motivasi saya masuk ESL adalah karena departemen
tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia dimana ilmu yang
dipelajari sangat menarik bagi saya yaitu mengenai sumberdaya, lingkungan,
pertanian, yang berkaitan dengan ekonomi. Itulah yang membedakan kami dengan
yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar