Senin, 10 September 2012

USWATUN HASANA'S NOTES ON CONSUMER BEHAVIOR CLASS, DEPT. RESOURCES AND ENVIRONMENTAL ECONOMICS, FACULTY OF ECONOMICS AND MANAGEMENT, BOGOR AGRICULTURAL UNIVERSITY


Lecturer: Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC
( www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id )
         
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
Semester Sep 2012-Jan 2013
Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan





1.  Interesting topic on class

Mahasiswa dapat memahami arti penting dari perilaku konsumen itu sendiri ,yaitu   semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli,ketika membeli,menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.

Dengan mengikuti mata perkuliahan Perilaku Konsumen ini, saya mendapatkan ilmu baru bahwa yang harus mempelajari perilaku seorang konsumen adalah pemasar,pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen, pemerintah dan legislatif.Dengan adanya itu, sehingga dapat membantu para konsumen dalam mengambil keputusan.

Selain itu, suatu prefensi barang dan jasa juga mempengaruhi seorang konsumen dalam mengambil keputusan. Dalam perkuliahan diberikan contoh adalah prefensi seorang mahasiswa dalam memilih tempat tujuan untuk berlibur. Seperti seseorang memerlukan prefensi dalam menentukan pasangan hidup.

2. Current Trend

Seperti yang kita ketahui, dari waktu ke waktu dunia pasti mengalami perubahan. Dari mulai tekhnologi,fashion ,ilmu pengetahuan, jumlah penduduk, presiden dan segala apapun yang bernaung di kehidupan kita. Segala perubahan tersebut pasti memiliki masa dimana banyak orang yang menyukai dan memakai perubahan tersebut. Berikut adalah trend yang ada dikalangan anak muda pada tahun 2012, diantaranya :
1.    Gadget bermerek : android, tablet,i-phone,black berry,i-pad  dan lain-lain
2.    Kepemilikkan jejaring sosial, seperti: twitter,facebook, blog,kaskus,dan lain-lain
3.    Online shop
4.     Acara televisi : pertandingan sepak bola antar negara
5.    Hijab tutorial
6.    Film 3 dimensi
7.    Musik : k-pop (boy/girl band korea)
8.    Gigi berbehel
9.    Shuffle dance

 3. Motivation to enter University

Motivasi saya masuk university adalah ingin mengembangkan  karakter dalam diri saya, bersosialisasi dengan berbagai macam karakteristik orang sebelum terjun ke kehidupan yang sebenarnya yaitu dunia kerja, dan memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu sesuai dengan jurusan yang dipilih.

 4. Motivation to enter IPB
                 
Motivasi saya masuk IPB adalah karena IPB merupakan salah satu institut yang berbasiskan pertanian. Oleh karena itu, saya ingin mempelajari lebih jauh dan menjadi bagian didalamnya yang akan membantu mengatasi segala permasalahan dan melakukan pembangunan yang ada dalam bidang pertanian tersebut.

5. Motivation to enter ESL

Motivasi saya masuk ESL adalah karena departemen tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia dimana ilmu yang dipelajari sangat menarik bagi saya yaitu mengenai sumberdaya, lingkungan, pertanian, yang berkaitan dengan ekonomi. Itulah yang membedakan kami dengan yang lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar